A Ventilation House, Hadiprana Competition

it is about my another competition with my MBIP.

kompetisi ini di adakan oleh konsultan GCH (Graha Cipta Hadiprana) Jakarta sebagai peringatan ke 50 tahun perusahaan tersebut. proses pengerjaannya sama seperti biasanya, dadakan bahkan telat saat kumpul :P. tapi alhamdulilah, kami berhasil meraih 4 besar dan dipanggil ke jakarta untuk diminta presentasi dihadapan para juri. that was my 1st time went to Jakarta, and i have decision that i dont want to live in that country anymore!!

a

b

c

Berangkat dari tiga kata kunci tersebut kami mencoba menyajikan gagasan ini. Keterbatasan lahan yang ada diolah sedemikian rupa sehingga gagasan ini nantinya dapat berdiri dengan smart dan mampu melayani tanpa harus meresahkan. Semakin sederhana saat kami percaya bahwa aliran udara yang baik tentunya merupakan salah satu karakteristik green architecture yang paling mudah dicapai setelah atap hijau. Karena itulah kami memecah semu masa bangunan dan memberikan space yang cukup besar bagi udara untuk terus mengalir. Melakukan banyak bukaan yang juga semu namun tetap waspada terhadap gejala alam dengan memanjangkan teritisan, menghijaukan halaman serta menghadirkan air sebagai pendingin ruang. Keberadaan ruang semakin terasa saat unsur etnik dilakukan dengan cara meminimalisir pemilihan material pada plesteran beton, kayu serta transpararasi kaca.

Di sisi lain, kami juga mencoba memberikan gagasan terhadap permasalah keluarga yang ada. Mengingat bahwa berarsitektur adalah berkomunikasi, kami mengolah peruangan yang ada dengan tujuan komunikasi tersebut. Layaknya aliran udara, kami ingin menyajikan komunikasi antar anggota yang dapat dilakukan secara terus menerus. Dari sinilah permulaan penghargaan tersebut. Jika masing-masing anggota mampu menghormati dan menghargai keberadaan serta kedudukan yang ada, a ventilation house akan terus menghadirkan nuansa hangat dan berfungsi sebagai mana mestinya.

Advertisements

0 Responses to “A Ventilation House, Hadiprana Competition”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




M.E

crak crek cruak grauk! i love architecture mostly like wanna eat them everytime :P

F.I.N.D.M.E

K.LIK.KLO.K

September 2009
M T W T F S S
    Oct »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

T.W.E.E.T

Error: Twitter did not respond. Please wait a few minutes and refresh this page.


%d bloggers like this: